6 ide sarapan untuk melawan Peningkatan Asam Lambung

Sarapan merupakan asupan makanan awal yang dapat membantu meningkatkan energi untuk aktivitas sehari-hari, bagi yang memiliki riwayat peningkatan Asam Lambung maka perlu diperhatikan asupan makananya.

Banyak kreasi menu sarapan yang bisa di pilih seseorang sesuai dengan seleranya.

Namun, berbeda dengan penyakit maag yang mengharuskan pemilihan menu sarapan yang tepat, salah memilih dapat meningkatkan produksi asam lambung yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Menu Sarapan bagi Penderita Peningkatan Asam Lambung berlebih

Di kutip dari Very Well Health, ada beberapa menu sarapan bagi penderita maag yang bisa menahan produksi asam lambung, seperti:

1. Oatmeal untuk Asam Lambung

Oatmeal adalah makanan yang menyehatkan jantung, dan karena oat menyerap asam lambung, oat bisa menjadi pilihan yang bagus untuk mengurangi gejala refluks asam.

Anda dapat membumbui oatmeal dengan rasa tropis seperti B. Pepaya, yang mengandung enzim yang di sebut papain, yang dapat menjadi obat alami untuk sakit maag.

2. Gandum

Menu sarapan yang tepat untuk penderita maag adalah makan dalam porsi kecil agar tidak menekan sfingter esofagus bagian bawah.

Semangkuk granola gandum utuh rendah gula adalah pilihan terbaik Anda.

Anda dapat menambahkan susu almond, setengah genggam kismis, dan seperempat cangkir kacang favorit Anda untuk rasa ekstra tanpa memperparah gejala refluks asam.

3. Smoothie

Smoothies bisa menjadi pilihan sarapan yang lezat dan sehat karena kaya akan vitamin. Kombinasikan beberapa buah favorit Anda agar Anda bisa lebih menikmati menunya.

Anda bisa mulai dengan pisang dan kemudian mengikuti buah-buahan beku seperti stroberi dan buah non-jeruk lainnya.

Anda juga bisa menambahkan satu sendok selai kacang untuk protein dan susu almond untuk krim.

4. Roti Alpukat

Alpukat adalah buah yang tinggi lemak baik dan rendah asam. Selain itu, alpukat juga memiliki tekstur yang halus sehingga cocok untuk penderita maag.

Anda dapat menggabungkan dua potong roti gandum dengan setengah buah alpukat.

5. Yoghurt dengan buah

Produk susu tinggi lemak seringkali dapat menyebabkan mulas, tetapi Anda dapat memilih produk yogurt rendah lemak atau bebas lemak.

Sebenarnya, ada beberapa produk yogurt non-susu seperti yogurt kelapa dan susu almond.

Sajikan dengan buah yang sedikit asam seperti buah persik atau irisan apel untuk awal yang manis di pagi hari.

6. Telur rebus

Banyak pendapat yang saling bertentangan tentang sarapan dengan telur bagi penderita maag. Jika ingin memilih telur untuk sarapan, hindari telur yang di goreng dengan mentega atau minyak.

Pilihannya adalah merebus telur dan di temani secangkir teh jahe.

Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Leave a Comment