Rekomendasi Berita Lengkap Seluruh Indonesia

Apakah sering mandi air dingin di malam hari berbahaya?

Mandi Air dingin

Apa akibat dari sering mandi malam dengan air dingin? Katanya bahayanya bisa menyebabkan rematik.

Mandi air dingin sering dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan.

Dari Medical Daily, mandi air dingin akan meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan sirkulasi, mendorong penurunan berat badan, dan meredakan nyeri otot.

Manfaat mandi air dingin untuk kesehatan

1. Tingkatkan kewaspadaan

Mandi sebelum ayam berkokok mungkin adalah hal terakhir yang diinginkan banyak orang. Namun, ketika kita menarik napas dalam-dalam saat dikejutkan oleh hawa dingin, pernapasan kita sebenarnya terbuka dan meningkatkan pengambilan oksigen ke seluruh tubuh. Kondisi ini pada akhirnya membantu meningkatkan detak jantung dan meningkatkan aliran darah, yang membuat kita tetap hangat. Ini kemudian memberi kita dorongan energi untuk memulai.

2. Rambut lurus dan kulit halus

Mandi air dingin adalah salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit Anda. Air panas menghilangkan minyak alami kulit dan mengeringkannya. Sementara itu, air dingin mengencangkan kutikula rambut dan kulit dengan menyempitkan pembuluh darah sementara saat tubuh merespons perubahan suhu. Mengencangkan kutikula dan pori-pori kulit mencegah kotoran dan elemen berbahaya lainnya menyumbat pori-pori kulit dan kulit kepala.

Hal ini dapat membuat rambut terlihat lebih berkilau, lebih kuat, dan lebih sehat dengan meratakan folikel rambut dan meningkatkan kemampuannya untuk mencengkeram kulit kepala.

3. Meningkatkan kekebalan dan sirkulasi darah

Kejutan yang kita rasakan dari percikan air dingin pertama dapat mendorong jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh lebih efisien. Hal ini kemudian dapat meningkatkan kesehatan, termasuk kesehatan kulit dan hati. Sirkulasi yang lebih lancar dan dapat menurunkan tekanan darah, membersihkan plak yang menumpuk di pembuluh darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.

IAL (pria, usia tidak disebutkan).

Jawaban:

Faktanya, tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa sering mandi air dingin di malam hari berbahaya. Apa yang bisa terjadi biasanya akan membuat tubuh terasa segar sehingga lebih baik tidur nanti.

Jadi sebenarnya sama saja dengan mandi dengan air hangat atau dingin. Asalkan tidak terlalu lama jika menggunakan air hangat karena kulit semakin kering, itu saja efek sampingnya.

Misalnya, jika Anda merasakan sakit atau semacamnya setelah mandi malam itu, itu berarti Anda pernah mengalami masalah persendian sebelumnya. Saraf seperti dirangsang.

dr Eddy Wiria, PhD

Co-founder dan CEO Kavacare

Tentang saran kesehatan

pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan seputar berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan melalui email ke redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang berpengetahuan luas. Kirim pertanyaan dengan subjek email “Saran Pembaca” dengan deskripsi nama, usia, dan jenis kelamin Anda.

Identitas penanya dapat diwarnai atau dikaburkan, tergantung pada preferensi pembaca. Kami menjamin bahwa identitas penanya akan dijaga kerahasiaannya.

Semoga bermanfaat artikel ini ! Baca juga : Kesepian

Exit mobile version